Serangan Liga Arab ke Yaman justru tewaskan pengungsi sipil

Bulan Ramadlan :: Serangan Liga Arab ke Yaman justru tewaskan pengungsi sipil
Sedikitnya 40 warga sipil terbunuh dalam penyerangan di kamp perngungsian sebelah utara Yaman. Serangan jet tempur ini digelar oleh Arab Saudi bersama sembilan negara Liga Arab terhadap beberapa lokasi yang diduga markas pemberontak Houti sepanjang lima hari terakhir.

Serangan paling fatal awal pekan ini menyerang markas pengungsi al-Mazraq di Provinsi Hajjah, dekat perbatasan Saudi seperti dilansir Stasiun Televisi Aljaeera, Selasa (31/3).

Menteri Luar Negri Yaman, Riyad Yasin, yang digulingkan pemberontak berusaha melindungi Saudi. Dia mengatakan ledakan di al-Mazraq disebebakan rudal pasukan bersenjata Houthi.

Sebaliknya, Juru bicara Badan Pengungsian PBB (UNHCR), Babar Baloch, menyatakan serangan itu tidak jelas siapa yang pelakunya. Tapi bisa dipastikan bahwa pemicunya adalah misil dari udara.

"Kami belum bisa memastikan bagaimana serangan itu terjadi, tetapi kami khawatir atas keselamatan dan keamanan para pengungsi," kata Baloch, seperti dilansir kantor berita Al Jazeera, (31/3).

Brigadir Jenderal Ahmed al-Asiri, juru bicara koalisi Liga Arab menolak bila pihaknya disalahkan atas jatuhnya korban sipil. Dia mengatakan saat ini Saudi sedang mencari klarifikasi atas insiden tersebut.

"Itu bisa saja jet tempur Houthi, dan kami belum dapat pastikan itu adalah sebuah kamp pengungsian, kami akan meminta institusi resmi Yaman mengkonfirmasi kebenarannya" kata Asiri.

Ribuan pengungsi di kamp pengungsian seperti Al-Mazraq mulai mukim sejak 2004, setelah tergusur dari rumah mereka akibat pemberontakan Houthi kepada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Sejauh ini, serangan udara Saudi terus menargetkan basis-basis wilayah yang dikuasai etnis minoritas Syiah Houthi sejak Senin malam. Mayoritas serangan mengandalkan jet tempur. Rekaman video menunjukkan ledakan besar serangan udara telah menghantam gudang amunisi pemberontak di Ibu Kota Sana'a.

Serangan udara lanjutan menargetkan 131 kamp Brigade Infanteri di Saada dan Houthi di kota Taiz dan Hudaydah.
Sumber: http://www.merdeka.com/dunia/serangan-liga-arab-ke-yaman-justru-tewaskan-pengungsi-sipil.html
Previous
Next Post »

Post Comment

ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Thanks for your comment